Selamat Datang diblog hadeye's

Klik link ini..................

Jumat, 02 Oktober 2009

BATIK


kata batik berasal dari bahasa jawa yaitu "Amba" yang artinya Nulis dan kata kedua "nitik" kalau ga salah mengartikan adalah titik.... sedangkan devinisi batik yg di bilang oleh tante Wiki (wikipedia) adalah teknik pembuatan corak (menggunakan canting atau cap) dan pencelupan kain menggunakan bahan perintang warna corak "malam" (wax) yg di aplikasikan di kain.

seharian ini masyarakat indonesia di bisikkan dengan bahasan tentang batik. itu semua di karenakan bahwa hari ini UNESCO meresmikan bahwa Batik merupakan warisan peradaban dunia dari indonesia.. siang hari tadi banyak masyarakat indonesia banyak yang memakai baju batik, sebagai rasa bangga karena telah di resmikannya batik sebagai warisan budaya indonesia..
karena beberapa waktu yang lalau terjadi kontroversi tentang asal-muasal batik, bahkan negara tetangga (Malaysia)dengan terang-terangan mengakui bahwa batik berasal dari dia... Aneh, padahal tatnte Wiki telah menjelaskan bahwa kata batik itu berasal ari bahasa jawa, kok dengan beraninya Malay ngaku2....!!! (malu donk...) ups, ngapain juga kita ngomongin malaysia, ga da untungnya....!!!!

Dengan di resmikanya Batik sebagai budaya indonesia, maka kita sebagai generasi penerus.. harus melestarikan batik..saat ini di indonesia semakin sedikit pengrajin batik manual... batik2 di indonesia kebanyakan di produksi oleh mesin....


Pengrajin batik manual membutuhkan waktu yg relatif lama buat mendesain batik.. bahakan menurut pengrajin batik asal madura, untuk mendesain batik yg bagus dan diatas kain sutra butuh waktu 9 bulan untuk menyelesaikanya...M

mari, budayakan batik... besok makai batik lagi ah.......!!!!!!!



0 komentar: